HomeBeritaRubrik BPKH KupangHindari Terkena Penyakit Di Usia Produktif

Reserved by WHO

[..just an empty space to put something..]

Masa muda adalah masa yang produktif dan bisa menghasilkan banyak karya maupun pekerjaan. Namun, gaya hidup modern yang membawa dampak negatif bisa menghambat produktivitas di usia muda. Salah satunya adalah serangan penyakit akibat pola hidup yang kurang pas dengan kesehatan. Bahkan, serangan penyakit di usia muda itu bisa mematikan, seperti serangan penyakit jantung atau kanker, dan itu perlu diwaspadai.

 
Jika ingin terbebas dari serangan penyakit yang mematikan, usia muda sudah seharusnya diisi dengan pola hidup sehat dan produktif. Banyak cara untuk melakukannya dan kita hanya perlu kreatif dan bertanggung jawab pada diri sendiri untuk memperhatikannya. Berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan. 
 
Kurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji
Setiap orang pasti doyan makan jika sajian makanan dan rasanya sangat menarik. Namun, ingatlah bahwa makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan dan produktivitas. Agar terhindar dari serangan mematikan, seperti jantung dan kanker, di usia muda, kurangi konsumsi makanan cepat saji dan gantilah dengan makanan sehat yang lebih bermanfaat bagi tubuh. Makanan cepat saji bisa berpotensi menyebabkan kolesterol tinggi dan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah di bagian jantung.
 
Perbanyak Sayur dan Buah
Untuk menunjang makanan sehat dan bergizi, serta bermanfaat untuk mendapatkan energi serta menjaga kekebalan tubuh, perbanyak konsumsi sayur dan buah. Kedua jenis makanan ini merupakan sumber alami untuk memperoleh vitamin dan mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Berbagai penelitian pun menunjukkan bahwa sayuran dan buah-buahan melindungi tubuh dari beragam jenis penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker.  
 
Istirahat Cukup
Meski gaya hidup modern menuntut kita bekerja keras dan hampir tak ada waktu untuk berhenti, jangan lupakan istirahat yang cukup. Tubuh kita tidak bisa dipaksa bekerja seterusnya tanpa jeda istirahat atau refreshing agar kerja jantung juga terjaga dengan baik. Kondisi tubuh pun bisa tetap prima jika kita mampu menjaga ritme istirahat yang diselaraskan dengan produktivitas kita di usia muda. Jadi, segeralah atur jam istirahat Anda dan teruslah berkarya sambil menikmati hidup di alur gaya hidup modern, tanpa melupakan kesehatan.
 
Olahraga
Agar terhindar dari serangan penyakit mematikan di usia muda, saran ini juga sering kita dengar: olahraga. Itu karena olahraga “memaksa” tubuh kita tetap gerak, tidak hanya diam. Dalam gerakan yang kita ciptakan melalui olahraga teratur itu, kita dapat mengontrol berat badan, mencegah berbagai penyakit, meningkatkan energi, dan menjaga mood agar tidak mudah drop. Oleh karena itu, berolahragalah, meski ringan, agar penyakit-penyakit yang mematikan bisa kita usir di usia muda.
 

Sumber : Sinar Harapan