HomeBeritaRubrik BPKH KupangPentingnya Tidur Siang Bagi Si Kecil

Reserved by WHO

[..just an empty space to put something..]

Umumnya balita membutuhkan tidur 12 hingga 14 jam dalam sehari. Pada usia empat tahun, 50% anak masih tetap memiliki kebiasaan tidur siang yang rutin. Namun setelah usia 5 tahun, sebagian besar anak sudah menghentikan kebiasaan tersebut. Bagi mereka, bermain mungkin jauh lebih menarik ketimbang tidur. Padahal, kegiatan tidur siang memiliki segudang manfaat di antaranya :

Status mental lebih stabil

Si Kecil yang rutin tidur siang dengan cukup memiliki status mental yang lebih stabil. Mereka lebih tenang, tidak mudah rewel, ceria, dan lebih mampu untuk menyelesaikan masalah dengan baik.

Membantu perkembangan otak

Tidur siang selama satu jam sudah dapat meningkatkan kerja otak Si Kecil. Karena itu, tidur siang mampu membantu pembentukan memori dan proses belajarnya. Menurut penelitian, kemampuan visual spasial Si Kecil juga akan meningkat setelah tidur siang.

Membantu pertumbuhan tubuh

Si Kecil yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan tubuh yang lebih optimal dibandingkan dengan yang tidak. Hal ini disebabkan karena saat tidur, hormon pertumbuhan (growth hormone) dilepaskan.

Mengistirahatkan tubuh

Dengan tidur siang, organ tubuh – baik luar maupun dalam – dapat beristirahat setelah Si Kecil beraktivitas selama setengah hari.

Karena begitu pentingnya tidur siang bagi tumbuh kembang Si Kecil, para ahli menganjurkan agar anak usia tiga hingga lima tahun (atau usia prasekolah) dijadwalkan untuk tidur siang secara rutin.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

 

sumber dan foto : klikdokter.com