HomeProfilSejarah

Reserved by WHO

[..just an empty space to put something..]

Balai Pemantapan Kawasan Hutan adalah Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No.6188/Kpts-II/2003  tanggal 10 Juni 2002 dan dirubah dengan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. P.25/Menhut-II/2007 Tanggal 6 Juli 2007.

Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XIV Kupang (BPKH XIV) mulai berdiri bulan Juli tahun 2007, pimpinannya dilantik pada tanggal 3 Desember 2007. BPKH XIV mulai beroperasi awal tahun 2008 dengan menyewa rumah yang difungsikan sebagai Kantor Pertama yang berkedudukan di Gang/Lorong Jl.WJ Lalamentik No.13A Oebobo Kupang.

 Melalui upaya yang insentif  BPKH XIV pada bulan Juli 2008 memanfaatkan bangunan gedung Eks Perum Perhutani Unit II Jawa Timur di Jl HTI Oebufu Kupang, NTT sebagai Kantor. Gedung kantor seluas 540 meter persegi dan bangunan tambahan (musholla,mess,garasi dan lapangan tenis) seluas sekitar 600 meter persegi yang kesemuanya dibangun diatas tapak tanah seluas 7.500 meter antara tahun 1995-1997.

Sebagai informasi tambahan bahwa Perum Perhutani mendapat penugasan dari Departemen Kehutanan untuk membangun HTI di Propinsi NTT. Saat bangunan gedung dan sarana tambahan ditinggalkan (karena Force majeure) oleh Perum Perhutani dokumen penyerahan (tanah dan bangunan gedung kantor serta sarana tambahan) dari Perum Perhutani kepada Departemen Kehutanan tidak jelas keberadaannya atau mungkin tidak pernah dilakukan.

BPKH XIV menggunakan gedung kantor eks Perum Perhutani tersebut melalui pembicaraan intensif dengan Kepala Kepolisian Daerah NTT dan Kepolisian Resort Kota Kupang serta Direksi Perum Perhutani. Kepolisian Resort Kota Kupang menggunakan gedung (sekitar tahun 2000) sebagai Kantor Polresta Kupang dan terakhir setelah mempunyai kantor sendiri gedung eks Perum Perhutani tersebut difungsikan sebagai barak anggota kepolisian.

BPKH XIV menerima/melakukan serah terima gedung eks Perum Perhutani dari Kepolisian Resort Kota Kupang pada tanggal 15 Juni 2008. Sebelum resmi digunakan dilakukan pemeliharaan/perbaikan seperlunya (sesuai anggaran DIPA BPKH XIV yang tersedia tahun 2008).

BPKH XIV melalui DIPA tahun 2008 melakukan pengadaan tanah seluas 3.348 meter persegi di 3 (tiga) lokasi, dengan rencana peruntukannya sebagai berikut :

No

Lokasi

Luas (m2)

Peruntukan

Ket

1

I

1.730 m2

Rencana Pembangunan Kantor

-

2

II

1.168 m2

Rencana Pembangunan

Rumah Jabatan Eselon IV

3 unit

3

III

450 m2

Rencana Pembangunan

Rumah Jabatan Eselon III

1 unit

Sesuai DIPA BPKH XIV tahun 2009 telah dilaksanakankan Pembangunan Gedung Kantor (tahap I)  dan Rumah Jabatan eselon III sebanyak 1 (satu) unit serta eselon IV sebanyak 3 (tiga) unit, pelaksanaan pembangunan Gedung kantor tahap II sampai bulan Agustus 2010 masih dalam proses lelang dan diharapkan selesai pada akhir bulan Desember 2010. 

Pada tahun 2009 Balai Pemantapan Kawasan Hutan XIV Wilayah Kupang mengalami pergantian pimpinan. Dari 1 Januari -  30 Juni 2009 BPKH XIV Wilayah Kupang dipimpin oleh Drs. Hadi Susanto, MM karena purna jabatan digantikan oleh Ir. E. Hidayat Toma, M.Si sebagai Pelaksana Tugas Kepala BPKH Wilayah Kupang dengan masa jabatan 1 Juli – 2 Oktober 2009, hingga Ir. Theodorus Simbolon, MM, dipromosikan sebagai Kepala BPKH XIV Wilayah Kupang.

Sebagai instansi baru pada tahun 2008 kegiatan utama adalah penelusuran dokumen kawasan hutan, pengadan peralatan/mesin kantor, pembuatan peta dan pengadaan pembangunan untuk gedung kantor dan rumah jabatan untuk Eselon IV. Untuk tahun 2009 mulai bertambah dengan kegiatan Penataan Batas, Penyusunan statistik Kehutanan dan NSDH, Re-enumerasi TSP/PSP.