HomeProfilVisi dan Misi

Reserved by WHO

[..just an empty space to put something..]

Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XIV mempunyai visi Terwujudnya Perencanaan Makro Kehutanan dan Pemantapan Kawasan Hutan untuk Mendukung Penyelenggaraan Kehutanan ”. Untuk memujudkan Visi tersebut, Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XIV mengimplementasikannya dalam sejumlah Misi yang akan dilakukan, yaitu :

  1. Mewujudkan rencana-rencana kehutanan
  2. Mengembangkan sistem informasi spasial dan non spasial kehutanan
  3. Mewujudkan keberadaan kawasan hutan dengan luasan yang cukup dan sebaran yang proporsional pada DAS.
  4. Mewujudkan unit pengelolaan hutan lestari.
  5. Mengembangkan kelembagaan Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XIV.

Dan kemudian Misi tersebut selanjutnya dijabarkan menjadi Tujuan dan Sasaran yaitu :
1. Mewujudkan rencana-rencana kehutanan. Misi tersebut bertujuan mewujudkan rencana kehutanan yang menjadi acuan bersama dengan sasaran tersusunnya Renstra BPKH Wilayah XIV , Renja BPKH Wilayah XIV dan LAKIP BPKH XIV.

2. Mengembangkan sistem informasi spasial dan non spasial kehutanan. Misi tersebut bertujuan mengembangkan sistem informasi kehutanan dengan sasaran tersedianya informasi sumberdaya hutan berupa informasi penutupan lahan, informasi persepsi masyarakat terhadap kawasan hutan, sosial budaya masyarakat dan Neraca Sumber Daya Hutan.

3. Mewujudkan keberadaan kawasan hutan dengan luasan yang cukup dan sebaran yang proporsional pada DAS. Misi tersebut bertujuan terselenggaranya proses pengukuhan kawasan hutan yang dapat diterima semua pihak serta terjamin dan optimalnya luas dan fungsi kawasan hutan, dengan sasaran sebagai berikut :

    • Terlaksananya penataan, orientasi dan rekonstruksi batas kawasan hutan;
    • Tercapainya peningkatan koordinasi dan sinkronisasi sektor lain dalam penatagunaan hutan;
    • Terevaluasinya penggunaan dan pemanfaatan kawasan hutan sesuai fungsi.

4. Mewujudkan unit pengelolaan hutan lestari. Misi tersebut bertujuan meningkatkan efektifitas pengelolaan hutan di Provinsi, Kab/Kota dengan sasaran terbentuknya KPH.

5. Mengembangkan kelembagaan BPKH Wilayah XIV. Misi tersebut bertujuan mewujudkan aparatur yang bersih dan berwibawa dan mewujudkan sinkronisasi peraturan dan perundangan dengan sasaran terwujudnya SDM kehutanan yang profesional.

 

Budaya Kerja BPKH Wilayah XIV Kupang

  1. TERTIB POLA PIKIR : bahwa dalam menjalankan tugas kedinasan, kita dituntut untuk membangun pola pikir yang benar dan sistematis;
  2. TERTIB KEPEMIMPINAN : bahwa sebagai pribadi, kita berperan sebagai pimpinan bagi diri kita sendiri, yang artinya segala tingkah laku dan perbuatan yang akan kita lakukan, terutama yang berkaitan dengan tugas kedinasan harus kita kelola dengan sebaik mungkin, untuk mencapai kinerja terbaik;
  3. TERTIB PELAYANAN : bahwa dalam menjalankan fungsi pelayanan, kita dituntut untuk memberikan pelayanan secara profesional, sesuai dengan Tupoksi;
  4. TERTIB ADMINISTRASI : bahwa berbagai hal yang berkaitan dengan administrasi pelaksanaan kegiatan, harus dikelola dengan tertib dan benar, berpedoman pada ketentuan yang berlaku.